Selasa, 21 Januari 2014

English game


GAME BAHASA INGGRIS

PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN MACAM-MACAM GAMES YANG DIGUNAKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP BAHASA INGGRIS


Background of study

Pendidikan pada zaman sekarang ini sangatlah penting bagi setiap orang, apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Di era globalisasi yang sangat modern ini, pendidikan sangatlah penting, pada zaman ini kita di tuntut untuk belajar secara keras jika tidak mau ketinggalan jauh dengan bangsa-bangsa lain. Jadi, sudah seharusnya semua bangsa terfokus dan menyiapkan pendidikan dengan sebaik-baiknya, dari TK, SD, SMP, SMA, sampai ke perguruan tinggi. Begitu pentingnya pendidikan bagi kita semua, namun seiring dengan berkembangnya zaman, pendidikan semakin mahal. Itu terbukti dengan banyaknya anak Indonesia yang tidak dapat mengenyam bangku pendidikan. Pemerintah seharusnya memikirkan, menemukan jalan keluar, dan mengeluarkan kebijakan tentang pendidikan, karena pendidikan adalah satu upaya untuk meningkatkan mutu bangsa. Jika anak-anak Indonesia dapat mengenyam pendidikan setinggi-tingginya maka sudah pastitah bangsa Indonesia dapat bersaing dengan Negara-negara lain. Karena pemuda-pemudi Indonesia merupakan tulang punggung Negara dan sudah selayaknyalah mereka dapat pendidikan yang bermutu dan berkwalitas, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal.
Di era globalisasi ini bagi sebagian orang yang berada pada golongan ekonomi menengah ke atas yang dapat menyekolahkan anak mereka, sebagian besar memilih menyekolahkan anak mereka ke sekolah-sekolah / universitas pendidikan bahasa inggris. Ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah dan biasa bagi setiap orang. Karena di zaman globalisasi ini pendidikan bahasa inggris sudah menjad trend. Bahasa inggris sangat diminati banyak orang. Mungkin karena bahasa inggris dapat memberikan banyak peluang pekerjaan bagi mereka yang mempelajarinya, contohnya seperti : menjadi guru, guide, MC, translator, pramugari, dan masih banyak lagi peluang pekerjaan yang yang kita dapat apabila mempunyai lebih dari satu bahasa.
Seiring dengan banyaknya minat masyarakat terhadap bahasa inggris, maka banyak tempat-tempat kursus atau les yang bermunculan, yang menawarkan berbagai macam metode pembelajarang yang sangat menarik, seperti misalnya membuat games-games yang menarik sehingga murid-murid dapat tertarik, dan senang mempelajari bahasa inggris. Di sini seharusnya sekolah-sekolah juga dapat meniru metode yang digunakan oleh tempat-tempat kursus tersebut yaitu mengajarkan bahasa inggris dengan sangat menarik sehingga siswa tidak merasa bosan.
Caranya ialah jangan hanya memaparkan atau menjelaskan bahasa inggris tersebut dengan cara yang biasa saja seperti menjelaskan tenses, grammar, dll hanya dengan memberikan penjelasa, contoh, dan pertanyaan. Murid-murid akan merasa pelajaran bahasa inggris tersebut sangat susah dan penuh dengan aturan, sehingga siswa merasa bosan dan bias jadi mereka stress karena tidak mengerti dengan pembelajaran tersebut. Tetapi buatlah metode pembelajaran yang semenarik mungkin, seperti contohnya, memberikan selingan games-games yang menyenangkan yang berhubungan dengan materi pembelajaran tersebut mak siswa akan dapat me-refress otak mereka sejenak, dan menganggap bahwa bahasa inggris sangat menyenangkan. Banyak sekali games-games yang menarik yang dapat meningkatkan pengetahuan dan minat siswa terhadap bahasa inggris.
Maka disini saya akan mencoba untuk memberikan macam-macam games yang dapat di pakai di sekolah, sehingga minat siswa terhadap bahasa inggris mudah-mudahan dapat meningkat.

1.     SECRET MESSAGE 

                                                              Pesan sebelum bermain
Dalam permainan ini kamu dan kawan-kawanmu berlatih kecermatan dalam membaca pesan/kalimat bahasa inggris, dan memperdalam “WH-question” (what, who, where, when, which, why, and how) dan kalimat perintah (command).

  • Membentuk kelompok yang terdiri atas 3-5 orang.
  • Untuk lebih meyakinkan penampilanmu, maka kamu dan semua kawan yang akan bermain sah-sah saja bila berandai-andai sebagai DETECTIVE yang harus memecahkan sandi secara bersama. Sandi itu berupa : pesan, perintah, atau pertanyaan yang di tulis secara rahasia pada sebuah kartu.
  • Apabila pesan rahasia itu berupa pertanyaan/perintah, harus di jawab atau di kerjakan pada lembar jawaban.
  • Sandi dapat dikembangkan lagi dengan berbagai model.

  Bahan yang disiapkan

  • Lembar jawaban.
  • Kartu dari kertas manila ukuran 7X10 cm sejumlah kebutuhan. Pada setiap kartu, ditulis pesan rahasia berupa kata/kalimat sandi.
Contoh pesan pada kartu :
  • Kartu 1 : etirw nwod eht seman fo ruoy srebmem.
  • Kartu 2 : tahw od uoy llac :
  • A nam ohw t’nac ees?
  • A nam ohw t’nac raeh?
  • A nam ohw t’nac klaw?
  • A nam ohw t’nac keeps?
  • Kartu 3 : erehw seod ruoy rehtom kooc?
  • Kartu 4 : entirw nwod evif sruoloc uoy wonk.
  • Kartu 5 : tahw si eht larulp mrof fo :
-      Dlihc                     – namow
-      Toof                      – peehs
-      Esuom

Keasikan yang bisa kamu dapatkan

  • Memperkaya khasanah kosa kata bahasa inggris.
  • Point 10 untuk setiap jawaban yang benar.
  • Kelompok yang paling cepat menjawab dan benar, adalah pemenang dalam periode ini.
  • Kelompok yang mengumpulkan point terbanyak berhasil menjadi pemenang utama (THE MAIN MINNER).
  • Kamu dapat juga mengirim pesan dengan secret messages kepada kawan-kawan dengan sms, atau e-mail untuk menguji ketajaman dan kecermatan membaca.
  • Mempererat tali persahabatan dan kekompakan dengan teman.

2.    STIRRED WORDS AND   SENTENCES 

Pesan sebelum bermain

Dalam permainan ini kamu akan menghadapi tantangan yang lebih seru lagi, berupa serangkaian hurup atau kosa kata yang diaduk. Tugas kamu adalah menyusun: hurup-hurup menjadi kata yang bermakna, sedangkan kata-kata yang diaduk di susun menjadi kalimat yang benar dan bermakna.
Aturan permainan
  •  Membentuk beberapa kelompok terdiri atas 3-5 orang.
  •  Persiapkan kelompokmu untuk menyusun hurup-hurup atau kata-kata yang teraduk sesuai perintah yang diberikan.
  •  Perintah dapat di tulis di papan tulis atau secara lisan.
  • Jawaban ditulis pada lembar jawaban.
Bahan yang disiapkan
  • Lembar jawaban.
  • Kartu dari kertas manila ukuran 7X10 sm sejumlah kebutuhan. Pada setiap kartu di tulis dengan hurup-hurup dan kata-kata yang masih berantakan atau teraduk.
Contoh perintah dan huru-hurup teraduk pada kartu
Arrange these letters to make correct words.
-      Pctreiu                  – cleinp                  – luerr
-      Hrubs                    – lemularb              – odarkcbalb
-      Serup                    – wodwni                – balet
Arrange these words to make right sentences.
  •  Kartu 1 : to – last – temple – father – Borobudur – my –went – month.
  •  Kartu 2 : doing – are Tati – you – what?.
  •  Kartu 3 : difficult – is – lesson – explaining -  a – the – teacher.
  •  Kartu 4 : well – can – English – speak – Maria.
  •  Kartu 5 : now – you – maths – are studying? – am – no – not – I.
  •  Menguji kecermatan dan ketelitian dalam mengenali kata dan menyusun kalimat yang benar.
  • Menambah kosa kata/vocabulary.
  • 10 points buat jawaban yang benar.
  • Kelompok yang paling cepat menjawab dan benar, adalah pemenang dalam periode ini.
  • Kelompok yang mengumpulkan points terbanyak berhak menjadi pemenang utama (THE MAIN WINNER).
  • Kamu dapat juga mempraktekan permainan ini dengan mengirim sms atau e-mail kepeda kawanmu untuk ketajaman dan kecermatan membaca.

3.     WHO IS THE FASTEST?

Pesan sebelum bermain

Dalam permainan ini kamu akan diajak untuk melakukan lomba adu cepat menemukan kata yang dibacakan orang lain : guru atau salah satu dari kawanmu yang bertindak sebagai juri.

Aturan permainan
  •  Membentuk dua kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. jumalah anggota harus sama dan seimbang kemampuannya.
  •  Seorang wakil dari masing-masing kelompok maju kedepan papan tulis yang telah berisi daftar kata, siap untuk pasang telinga (kelompok A dan kelompok B sama). Nah, begitu disebutkan sebuah kata oleh guru/juri, wakil dari masing-masing kelompok harus adu cepat member tanda silang pada kata yang didengar.
  • Apabila dalam waktu 15 detik sang wakil tidak mampu menyilang kata, maka dilanjutkan wakil berikutnya dari masing-masing kelompok, hingga semua anggota mendapat giliran. Ingat!!! Setiap wakil hanya boleh member tanda silang satu kali kalau lebih dari satu kali gugur alias di diskualifikasi.
  • Papan tulis, di garis menjadi dua bagian untuk kelompok A dan B. tulis pada papan tulis masing-masing 20 kata yang telah dikenal (familiar) bagi murud-murid : kata benda, kata sifat, kosa kata mengenai tempat, dan sebagainya.
  • Dua buah kapur tulis atau board maker.

Contoh daftar kata :

papan tulis A                                                                                                          papan tulis B
SickSixThreeTree
Write
White
Dress
Desk
Horse
House
BrushBusKnifeLife
Snake
Snack
Lake
Leg
Wife
weave
SickSixThreeTree
Write
White
Dress
Desk
Horse
House
brushBusKnifeLife
Snake
Snack
Lake
Leg
Wife
weave
NOTE!!!
Jika 10 kata pada papan tulis telah disilang, daftar kata perlu diganti yang baru.
  • Meningkatkan kemampuan listening dan mengulang vocabulary
  • 10 point buat jagoan yang tercepat dan benar menyilang kata.
  • Kelompok yang mengumpulkan point terbanyak berhak menjadi pemenang utama (THE MAIN WINNER)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar